Tanggung Jawab Sosial Mahasiswa Terhadap Masyarakat - Majalah Literasi Dinamis

Breaking

Majalah Literasi Dinamis merupakan bagian dari Literasi Dinamis (LidiNews.com). Media Majalah Literasi Dinamis Membagikan informasi tentang Dunia Kampus dan Literasi.

Followers

Friday, April 24, 2020

Tanggung Jawab Sosial Mahasiswa Terhadap Masyarakat

Tanggung Jawab Sosial Mahasiswa Terhadap Masyarakat
Oleh : Arjuna H T M
Hidup sebagai mahasiswa memang banyak suka dukanya. Kehidupan kita saat sudah memasuki fase ini akan terasa berbeda dengan masa-masas ebelumnya. Dan pastinya juga akan lebih banyak tantangan dan tanggung jawab yang akan dihadapi. Salah satu perbedaan saat sudah memasuki fase mahasiswa dengan masa-masa sekolah adalah perlunya tanggungjawab sosial yang tinggi. Lalu mengapa demikian? Apakah sangat penting?

Tentu saja hal itu sangat penting, karena mahasiswa dituntut agar bisa berperan dan menyelesaikan masalah yang terjadi di masyarakat. Karena mahasiswa merupakan masa depan bangsa yang harusnya dapat menjadi pendamping masyarakat.

Secara umum peran mahasiswa terhadap masyarakat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1.     Mahasiswa Sebagai “Iron Stock”

Berarti mahasiswa akan menjadi manusia tangguh yang berilmu dan berakhlak mulia yang akan menggantikan generasi-generasi sebelumnya.

Kita bisa memperkaya diri kita sebagai mahasiswa dengan ilmu pengetahuan yang bersifat kemasyarakatan maupun keprofesian. Dalam mewujudkan hal ini bisa dilakukan dengan organisasi-organisasi kampus baik yang bersifat internal atau eksternal.

2.     Mahasiswa Sebagai “Guardian of  Value”

Mahasiswa berperan sebagai penjaga nilai-nilai positif dan moral di dalam masyarakat. Kemurnian dan keaslian nilai dalam masyarakat harus benar-benar terjaga dan terpelihara dari waktu ke waktu, oleh karena itu mahasiswa memiliki peran dalam menjaganya.

Nilai-nilai yang dijaga pun berupa nilai mutlak yang berasal yang maha kuasa dan ilmu ilmiah. Tak luput pula nilai pancasila sebagai tonggak pendiri dan persatuan bangsa juga harus dijaga.

3.     Mahasiswa Sebagai “Agent of Change”

Dapat diartikan bahwa mahasiswa muncul sebagai agen perubahan. Perubahan sangat dibutuhkan bagi dunia dan faktanya perubahan memang selalu terjadi sesuai kodratnya tanpa kita sadari. Perubahan yang dilakukan tentulah harus menuju yang lebih baik. Oleh karena itu mahasiswa berada di garis terdepan agar bangsa ini tak melakukan perubahan ke arah yang salah.

Mahasiswa merupakan aset bangsa yang harus dapat menjalankan peran-perannya yang disebutkan di atas. Karena mahasiswa kelak akan menjadi pemimpin di masa depan yang dapat mengayomi masyarakat dengan baik.

Oleh karena itu mahasiswa seharusnya bisa menjalani tugasnya dengan baik seperti belajar dengan sungguh-sungguh dan juga mempelajari ilmu agama dengan baik. Dan mahasiswa juga tak boleh melupakan peranan mereka terhadap masyarakat dan bangsa.

No comments:

Post a Comment