Mahasiswa Ke Desa - Majalah Literasi Dinamis

Breaking

Majalah Literasi Dinamis merupakan bagian dari Literasi Dinamis (LidiNews.com). Media Majalah Literasi Dinamis Membagikan informasi tentang Dunia Kampus dan Literasi.

Followers

Friday, April 3, 2020

Mahasiswa Ke Desa


Mahasiswa Ke Desa
Oleh : Arjuna H.T.M
Melakukan pengabdian masyarakat merupakan hal yang sangat biasa ketika mahasiswa-mahasiswi menginginkan jumlah sertifikat yang banyak. Melakukan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan baik di dalam kampus maupun di luar kampus.

Kegiatan yang biasa diselenggarakan di dalam kampus contohnya adalah mengadakan seminar, sosialisasi, dan lain sebagainya. Begitu juga di luar dari kampus, tidak jauh berbeda. Hanya saja yang paling dominan dan sering dilakukan mahasiswa adalah bentuk pengabdian masyarakat atau biasa juga disebut dengan PEMA (Pengabdian Masyarakat).

Dalam melakukan pengabdian masyarakat terdiri dari formal dan tidak formal. Formal artinya memiliki struktural yang jelas dan memiliki Pembina bahkan donator. Bagian pengabdian masyarakat yang tidak formal itu biasa dilakukan karena memiliki daya tarik untuk bersosial dengan masyarakat.

Bersosial dengan masyarakat karena ingin mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki mahasiswa tersebut dan yang paling sering karena adanya rasa ingin berbagi ilmu dengan orang lain. Ketika keinginan itu benar-benar tulus karena ingin berbagi ilmu dengan orang lain, biasanya tidak ada kepentingan politik yang tercantum di dalamnya.

Namun, melakukan pengabdian masyarakat ketika masih menduduki bangku perkuliahan adalah waktu yang sangat tepat. Alasannya jelas, yaitu mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang sudah diketahui dan menjadi wadah untuk melakukan penelitian kecil-kecilan (mini riset). Nilai tambahnya adalah meningkatkan pengetahuan orang lain.

1 comment:

  1. Sebagai seorang mahasiswa, akan sangat kurang rasanya jika tidak membagikan ilmu yang sudah didapat di perkuliahan untuk masyarakat sekitar. Untuk mahasiswa pengabdian kepada masyarakat itu wajib hukumnya ^_^ Hidup Mahasiswa!

    ReplyDelete