Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Mayoritas Mahasiswa Untuk Terjun Dalam Organisasi Mahasiswa - Majalah Literasi Dinamis

Breaking

Majalah Literasi Dinamis merupakan bagian dari Literasi Dinamis (LidiNews.com). Media Majalah Literasi Dinamis Membagikan informasi tentang Dunia Kampus dan Literasi.

Followers

Monday, April 27, 2020

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Mayoritas Mahasiswa Untuk Terjun Dalam Organisasi Mahasiswa


Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Mayoritas Mahasiswa Untuk Terjun Dalam Organisasi Mahasiswa
Oleh : Arjuna H T  M
Kehidupan seorang mahasiswa pasti tidak jauh dari organisasi. Apalagi bagi mahasiswa baru, mereka akan berlomba-lomba agar bisa mengikuti organisasi yang mereka inginkan. Sebenarnya mengikuti organisasi boleh-boleh saja dan bahkan memiliki banyak sekali manfaat.

Dengan mengikuti organisasi, mahasiswa akan menjadi lebih percaya diri dalam berkomunikasi, mendapatkan banyak pengalaman, dan juga bisa mengeksplorasi kemampuan yang ada dalam diri mereka. Di balik semua itu, para mahasiswa ternyata juga kesulitan dalam membagi waktu mereka antara pelajaran dengan kegiatan dalam organisasi.

Bahkan tidak sedikit pula mahasiswa yang akhirnya lulus dalam waktu yang lama karena terlalu sibuk dalam kegiatan organisasi. Kesibukan itu tidak hanya menyedot uang, tenaga, dan waktu mahasiswa tetapi juga prioritas mereka.

Lalu apa saja sebenarnya faktor-faktor yang mempengaruhi mayoritas mahasiswa agar terjun dalam organisasi mahasiswa? Kita akan membahasnya di bawah ini.

Ikut-ikutan
Ya, ini adalah faktor yang paling umum terjadi di kalangan mahasiswa yang hendak mengikuti suatu organisasi. Mereka biasanya punya teman yang memang awalnya sudah ingin mengikuti suatu organisasi. Karena tidak tahu apa-apa, jadinya mereka mengikutinya untuk ikut organisasi tersebut.

Ingin Berubah Jadi Lebih Baik
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa banyak mahasiswa yang menyia-nyiakan masa lalunya dan ingin memperbaiki masa depannya. Karena dengan mengikuti organisasi, mahasiswa juga dapat mengikuti berbagai kegiatan positif.

Menambah Kenalan dan Koneksi
Semua mahasiswa pasti memikirkan prospek pekerjaan kedepannya. Mengikuti organisasi juga dapat menambah kenalan dan memperluas koneksi kita. Pada saat kita melamar pekerjaan, kita akan mengajukan formulir untuk diisi terlebih dahulu. Rentan, pengalaman organisasi saat kuliah dicantumkan di formulir ketika melamar pekerjaan di suatu perusahaan.
Belum lagi jika terdapat orang dalam perusahaan yang merupakan alumni organisasi yang kita ikuti, pastinya mendapatkan kerja bukanlah suatu hal yang sulit.

Ingin Lebih Dekat Dengan Dosen
Suatu organisasi kampus pasti sering mengadakan acara yang melibatkan dosen di dalamnya. Kita bisa memanfaatkan hal itu untuk bisa lebih dekat dengan dosen. Mereka juga akan lebih mengetahui dan mengenal diri kita yang sebenarnya dan pasti akan berdampak baik kedepannya.
Ikut aktif dalam organisasi kampus sebenarnya sah-sah saja, asalkan kita bisa membagi waktu dengan baik dan benar. Karena bagaimanapun pendidikan akan lebih penting dari apapun.

No comments:

Post a Comment