Darimana Kita Berasal, Kepemimpinan Tidak Berasal Dari Orang-Orang Lemah Jiwa Dan Raganya - Majalah Literasi Dinamis

Breaking

Majalah Literasi Dinamis merupakan bagian dari Literasi Dinamis (LidiNews.com). Media Majalah Literasi Dinamis Membagikan informasi tentang Dunia Kampus dan Literasi.

Followers

Monday, March 9, 2020

Darimana Kita Berasal, Kepemimpinan Tidak Berasal Dari Orang-Orang Lemah Jiwa Dan Raganya

Darimana Kita Berasal,
Kepemimpinan Tidak Berasal Dari
Orang-Orang Lemah Jiwa Dan Raganya
Oleh : Ki Marhaen & Ni Sarinah Petani Lereng Gunung Salak
Darimana datangnya regenerasi kepemimpinan :

1. Kaderisasi : tak henti-hentinya para manusia yang tak tau asal muasalnya ini bergelut dengan kawan candra dimuka dengan mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan uang mereka untuk membingkai diri menjadi seorang pemimpin. 

2. Warisan : kepemimpinan yg terbingkai dari hasil usaha pemimpin sebelumnya yang juga tidak mudah usaha-usahanya menjadi pemimpin, sehingga kepemimpinan melahirkan nama besar atau ketokohan, yang kemudian melahirkan secara biologis trah-trah anak seorang tokoh atau pemimpin. 

3. Alami : kepemimpinan yang dilahirkan bukan dari seorang yg lahir karena kaderisasi pada organisasi-organisasi ataupun lahir dari seorang tokoh, namun kepemimpinan yg lahir karena tempaan hidup, berjuang karena ingin kehidupan yang lebih baik, berjuang untuk maju dan makmur karena penderitaan dan pemiskinan itu tidak enak sehingga mendorong ia yang telah makmur untuk membuat sistem nilai yang ikut membuat kebajikan dalam lingkaran yang lebih besar, akses-akses perebutan kekuasaan oleh orang-orang alami dihasilkan dari perebutan dan pertarungan. 


Kaki Gunung Salak, 9 Maret 2020

No comments:

Post a Comment